Rumah Anda Panas? Buat Rumah Sejuk Tanpa AC Dengan 5 Cara Ini

Buat Rumah Sejuk Tanpa AC Dengan 5 Cara Ini

Tinggal di daerah perkotaan memang tidak mudah. Selain membutuhkan biaya yang tinggi dari sektor ekonomi, cuaca di kawasan kota biasanya lebih panas dibanding kawasan desa. Untuk mengatasinya, banyak orang memasang pendingin ruangan (AC) di dalam rumah mereka untuk mendapatkan ruangan yang lebih sejuk dan nyaman.

Sebenarnya, masih ada cara lain yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan udara panas di dalam rumah lho. Nah, di bawah ini ada beberapa tips mengenai cara mendapatkan rumah sejuk tanpa AC. Yuk, simak penjelasannya.

Gunakan Gorden Untuk Menghalangi Sinar Masuk

Cara pertama untuk menciptakan rumah sejuk tanpa AC adalah menggunakan gorden atau tirai. Penggunaan gorden ini ditujukan untuk menghalangi masuknya sinar matahari yang menjadi alasan meningkatnya suhu panas di dalam ruangan. Cara lain yang dapat dilakukan adalah memasang kaca film sebagai filter cahaya untuk membantu mengurangi jumlah cahaya yang masuk.

Perhatikan Penggunaan Alat Elektronik

Untuk menghindari ruangan semakin panas, perhatikanlah alat elektronik yang ada di dalam ruangan, apakah ada yang menyala namun tak digunakan. Hal ini sebaiknya dihindari karena peralatan elektronik yang menyala dapat menyalurkan energi panas pada ruangan, khususnya televisi dan komputer.

Selain itu, perhatikan juga charger ponsel yang masih menempel pada stop kontak. Hal ini juga dapat menjadi penyebab ruangan yang  panas.

Buat Pendingin Udara Buatan

Cara selanjutnya yang dapat Anda coba adalah membuat sendiri pendingin udara di rumah. Caranya adalah letakkan kipas angin meja dengan semangkuk air es atau es batu di depannya. Setelah itu, biarkan kipas menyebarkan butiran-butiran air dingin ke seluruh ruangan. Hal ini dijamin akan membuat rumah semakin sejuk tanpa AC.

Perhatikan Penggunaan Lampu

Untuk menciptakan rumah sejuk dan nyaman tanpa AC, jangan biarkan ada lampu yang menyala saat cuaca sedang terik karena hal ini akan membuat ruangan semakin panas. Sebenarnya, semua lampu mengeluarkan energi panas, bahkan yang memiliki teknologi LED sekalipun. Maka dari itu, matikanlah lampu saat tidak digunakan.

Menjaga Sirkulasi Udara

Cara terakhir adalah menjaga sirkulasi udara di dalam ruangan. Untuk mendapatkan rumah sejuk tanpa AC, letakkanlah interior yang tidak mengganggu sirkulasi udara. Misalnya, Anda dapat menempatkan tanaman hijau di dekat alat elektronik untuk membantu menyerap zat berbahaya yang ada di sekitarnya.

Bagaimana, mudah bukan menciptakan rumah sejuk tanpa AC? Selain lebih hemat listrik, Anda juga dapat lebih bersahabat dengan lingkungan. Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar